Langsung ke konten utama

Salam Pandu Dunia

Salam Pandu Sedunia dilakukan dengan mengangkat tangan kanan. Telapak tangan menghadap ke muka, ibu jari ditekuk ke atas kuku jari kelingking, sedangkan jari-jari lainnya tegak menunjuk ke atas. ketiga jari itu mengingatkan seorang pramuka kepada tiga satya dari janji pramuka. Salam Pandu Sedunia diberikan pada waktu mengucapkan janji atau sebagai salam. Jika tangan bersikap demikian dan diangkat sampai di kening, maka itulan Salam. Dalam Gerakan Pramuka, salam pramuka tidak menggunakan tiga jari, tetapi menggunakan lima jari untuk mengingatkan kepada Pancasila, sedang salam tiga jari yang digunakan oleh para pandu sedunia dimaksudkan untuk mengingatkan Janji Pandu (Scout Promise) atau Trisatya bagi anggota Gerakan Pramuka. Ketiga ujung Lambang Pandu Sedunia dan ketiga jari Salam Pandu sedunia mengingatkan seorang pramuka kepada ketiga satya dari Trisatya Bilamana Memberi Salam Semua pemakai Lencana Pramuka saling memberi salam sekali sehari. Anggota Gerakan Pramuka yang melihat terlebih dahulu dialah yang harus memberi salam lebih dahulu, dengan tidak memandang pangkat. Para pramuka senantiasa akan memberi salam sebagai tanda hormat pada waktu menaikkan bendera suatu megara, menyanyikan lagu kebangsaan, waktu mengibarkan Panji-panji Nasional, kepada Bendera Pramuka pada waktu mengadakan upacara penghormatan kepada jenazah atau pada saat upacara pemakaman jenazah. Dalam hal ini, jika para pramuka itu ada di bawah perintah, ia hendaknya memberi salam sesuai dengan aba-aba dari Pembina Pramuka atau Pemimpin Upacara dengan berdiri tegak. Jika tidak di bawah perintah, dia boleh memberi salam secara bebas. Salam dengan tangan hanya diberikan jika seorang pramuka tidak membawa tongkatnya, dan selalu diberikan dengan tangan kanan. cara memberi salam jika membawa tongkat ialah dengan secara tangkas menempatkan lengan kiri di depan tubuh. Jari-jari menungjukkan Salam Pandu Sedunia dengan menyinggung tongkat. Jika berpakaian seragam seorang pramuka memberi salam dengan mengangkat tangan ke pelipis, baik ia memakai ropi maupun tidak, kecuali pada upacara keagamaan, para pramuka harus berdiri tegak dan tidak memberi salam.
Arti Salam Pada suatu hari seseorang berkata kepadaku, bahwa ia baik seperti orang lain, tetapi ia dipukul ketika ia mengangkat tangannya untuk menghormat orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya dari padanya; bukan maksudnya untuk menjadi budaknya atau untuk menjilat orang itu, bukan ! Itu suatu perbuatan kurang sopan yang biasa terjadi di antara orang-orang yang belum pernah menjadi pramuka. Aku tidak mempersoalkan hal itu dengan dia, tetapi aku ingin mengatakan kepadanya, bahwa ia mempunyai anggapan yang salah tentang memberi salam. Salam adalah suatu tanga antara orang-orang yang terhormat. Dapat memberi salam kepada seseorang adalah suatu kehormatan yang istimewa. Seorang pandu di luar negeri jika berjabatan tangan dengan seorang pandu lain memakai tangan kiri, sebagai tanda berjabatan tangan seorang pandu. Pada zaman dahulu semua orang yang merdeka diperbolehkan membawa senjata, dan apabila mereka saling bertemu, masing-masing harus mengangkat tangannya yang kanan untuk menunjukkan bahwa tidak membawa senjata pada tangan kanannya dan mereka saling bertemu sebagai kawan. Demikian juga jika orang yang bersenjata berjumpa dengan seorang yang tidak bersenjata atau seorang wanita. Budak tidak boleh membawa senjata, karena itu jika berjumpa dengan seseorang, mereka harus melaluinya dengan tidak memberi salam. Pada waktu sekarang orang-orang tidak membawa senjata. Tetapi mereka yang berhak membawa senjata seperti kesatria, prajurit masih harus saling menghormat dengan mengangkat tangannya sampai topinya atau sambil membuka topinya. "Waster" (orang gelandangan) tidak berhak memberi salam, karena itu ia pergi dengan tidak memperhatikan orang-orang merdeka atau pekerja. Memberi salam itu hanya menyatakan, bahwa kamu adalah orang baik dan bermaksud baik terhadap orang lain. Hal itu tidak mengandung maksud perbudakan sama sekali. Apabila ada orang asing memberi Salam Pandu Sedunia kepada kamu harus cepat-cepat membalasnya dengan memberi salam pramuka kepadanya, kemudian berjabatan tangan dengan tangan kiri sebagai Jabatan Tangan Pandu Sedunia, karena Gerakan Pramuka menjadi anggota Organisasi Gerakan Pandu Sedunia (WOSM). Kemudian jika ia menunjukkan Lencana/"Badge" Pandu Sedunia atau membuktikan bahwa ia adalah seorang pandu, kamu harus memperlakukannya seperti saudaramu pramuka serta menolongnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM - MACAM TANDA JEJAK

Penyakit Infeksi, Degeneratif dan Perilaku tidak sehat

PENYAKIT INFEKSI Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini. Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism). Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector. A.     Contoh-contoh penyakit infeksi : 1.     Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman) ·          TBC : ditularkan memalui udara ·          Tetanus : melalui luka yang kotor ·          Mencret : lalat, air dan jari yang kotor ·          Pneumonia : lewat batuk (udara) ·          Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin ·          Sakit telinga : dengan selesma (masuk angin dan pilek) 2.     Penyebab penyakit adalah virus (kuman yang lebih kecil daripada bakteri) ·          Selesma, influenza, campak, gondok : ditularkan melalui udara, batuk, ataupun lalat ·